Blog

tips ukur kebutuhan granit saat renov

Salah satu jenis lantai yang paling populer dan banyak digunakan untuk berbagai jenis ruangan adalah kebutuhan granit dengan ukuran 60 cm x 60 cm. Jenis lantai ini banyak ditemukan di banyak jenis bangunan, mulai dari perkantoran, mall, tempat ibadah ukuran besar hingga rumah.

Jenis lantai batuan ini punya banyak pilihan warna, mulai dari putih, merah, kelabu, dan merah muda. Umumnya batuan yang keras ini banyak digunakan untuk bahan konstruksi pada bangunan besar. Selain ukuran 60 cm x 60 cm, ada banyak variasi yang bisa Anda temukan, mulai dari ukuran 15 cm x 60 cm, 30 cm x 60 cm, dan 60 cm x 120 cm.

Menghitung Kebutuhan Granit 60 cm x 60 cm

Diketahui jenis lantai batuan ini memiliki resisten yang baik terhadap benturan dan gesekan yang membuatnya tahan lama. Dengan sifat yang kuat dan tidak mudah rusak, maka lantai batuan ini memiliki banyak fungsi dan cocok untuk digunakan pada banyak jenis hunian dan kebutuhan lain. Melihat kelebihan ini maka tak heran jika granit dihargai cukup mahal.

Bagi Anda yang ingin menggunakan lantai batuan ini untuk lantai rumah, penting untuk melakukan perhitungan secara seksama, dan berikut ini adalah cara menghitung kebutuhan granit ukuran 60 cm x 60 cm dengan mudah:

1. Ukur Luas Ruangan

Hal pertama yang harus dilakukan adalah ukur luas ruangan di mana lantai batuan akan dipasangkan. Hitunglah panjang dan lebar ruangan dengan benar dan teliti, setelah itu Anda kalikan keduanya untuk menemukan luasannya dalam meter persegi.

Anda harus mengukurnya dengan alat ukur yang sesuai standar agar bisa menemukan hasil yang akurat dan sesuai dengan luas lantai batuan yang akan Anda pilih nantinya. Anda perlu hati-hati dengan alat ukur yang tidak terstandar karena nantinya bisa membuat Anda kesulitan dalam menentukan ukuran kepingan lantai batuan.

2. Hitung Kebutuhan Granit

Jika Anda sudah tahu seberapa luas ruangan yang akan dipasangi lantai batuan, langkah selanjutnya adalah menghitung berapa banyak kebutuhan kepingan batuan pada satuan meter persegi. Ini bisa Anda lakukan dengan cara membagi luas ruangan dengan luas keping lantai batuan yang akan Anda gunakan.

Ini adalah cara yang mudah dan bisa Anda lakukan sendiri tanpa harus meminta bantuan pada siapa pun. Walau begitu, Anda juga tetap harus melakukannya secara teliti dan menghitungnya secara langsung pada ruangan tersebut, jadi jangan sampai Anda hanya melakukan perhitungan di atas kertas saja.

Sebagai contoh, apabila luas ruangannya adalah 40 meter persegi dan luas kepingan batuan adalah 60 cm x 60 cm atau 0,36 meter persegi, maka bagilah 40 meter persegi dengan 0,36 meter persegi, lalu Anda akan mendapat hasil kurang lebih 111,11, jika dibulatkan maka hasilnya adalah 112 kepingan granit dengan ukuran 60 cm x 60 cm.

3. Alokasi Cadangan

Supaya tidak ada risiko kekurangan bahan lantai batuan, perlu untuk mengalokasikan cadangan kepingan batuan. Kisaran yang disarankan adalah sekitar 5 sampai 10 persen dari jumlah kepingan yang sudah Anda hitung.

Fungsi dari cadangan ini adalah untuk antisipasi potongan kepingan batuan yang tidak sesuai atau terjadi kerusakan pada saat proses pemasangan. Selain itu penggunaan material juga bisa lebih leluasa atau fleksibel. Walau begitu, tak sedikit orang yang menganggap cadangan ini tidak terlalu diperlukan, dan lebih memilih untuk membeli tambahan secara incidental atau ketika dibutuhkan saja. Semua terserah perhitungan Anda.

4. Perhatikan Pola Pemasangan

Tidak hanya hitung jumlah yang dibutuhkan dalam satuan meter persegi, hal lain yang perlu diperhatikan adalah bagaimana pola pemasangan yang akan diterapkan. Ada banyak pola pemasangan yang bisa dipilih, seperti pola jalinan, pola persegi yang mungkin akan membutuhkan lebih banyak potongan dibanding jenis pola yang umum.

Maka sangat perlu untuk mempertimbangkan pola yang akan diterapkan dan hitung semua kebutuhan kepingan batuan sesuai dengan pola yang sudah ditentukan. Jika polanya terbilang sulit, mungkin akan membutuhkan lebih banyak kepingan sebagai cadangan.

5. Bicarakan dengan Ahlinya

Apabila Anda masih belum terlalu yakin dengan perhitungan yang sudah Anda punya, tidak ada salahnya jika Anda berkonsultasi dengan tukang atau ahli yang sudah punya pengalaman di bidang pemasangan lantai batuan.

Anda bisa mendapat bantuan untuk hitung berapa banyak kebutuhan granit secara akurat dan sesuai dengan pola yang diinginkan dan kondisi ruangan yang diinginkan. Cara lain yang mungkin bisa dilakukan adalah bicara pada penjaga toko lantai batuan dan minta bantuan untuk menghitung kebutuhan Anda. Ini juga bisa dilakukan walau ada kemungkinan penjaga toko akan melebihkan hitungannya agar Anda bisa membeli lebih banyak dari mereka.

Itulah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk bisa menghitung kebutuhan kepingan lantai batuan dengan ukuran 60 cm x 60 cm dengan lebih mudah dan akurat supaya Anda bisa terhindar dari kelebihan atau kekurangan material pada saat proses pemasangan.

Di sisi lain ini artinya Anda bisa melakukan penghematan atau setidaknya pengaturan budget yang sehat karena bisa memastikan semua jumlah yang dibutuhkan secara jelas, bahkan adanya kelebihan pembelian bersifat sebagai cadangan yang mana tidak akan menimbulkan kerugian berarti, justru bisa mempersingkat waktu penyelesaian masalah apabila sewaktu-waktu terjadi kesalahan dan kerusakan selama pemasangan granit. Semoga ulasan ini bisa bermanfaat dan memudahkan Anda dalam menentukan pilihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

All Category
WhatsApp Us