Blog

Cara-menggunakan-toilet-duduk

Umumnya ada dua jenis toilet yang bisa kita temukan di sekitar kita, model kloset jongkok dan duduk. Kloset jongkok bisa lebih banyak kita temukan dengan mudah di banyak tempat sementara kloset duduk biasanya ada di mall atau hotel. Bagi beberapa orang, menggunakan toilet duduk mungkin cukup asing dan ribet.

Untuk mengetahui cara menggunakan kloset duduk tersebut dengan tepat, Anda bisa simak pembahasan kali ini.

Bagaimana Cara Memakai Toilet Duduk dengan Benar?

Sebelum membahas lebih jauh, apakah Anda sudah tahu sistem pemakaian kloset duduk? Biasanya Anda akan menemukan tombol-tombol tertentu untuk menggunakan kloset tersebut. Salah satu model kloset duduk yang populer yaitu dengan tombol di atasnya dan hanya ada satu tombol saja.

Dengan menekan tombol tersebut, maka air akan keluar. Anda bisa terus menekan berulang-ulang sampai atau tekan cukup lama sampai bersih. Setelah Anda tekan tombol tersebut, air akan berhenti sendiri.

Model kloset duduk lainnya adalah dengan tombol ganda, tombolnya sama-sama bulat, tapi ada dua bagian. Bagian kecil untuk pembilasan ringan dan yang bagian besar untuk pembilasan lebih banyak. Supaya hemat air, Anda perlu manfaatkan dengan benar kedua tombol tersebut.

Masih ada banyak model kloset duduk lainnya termasuk yang tombolnya berada di dinding alih-alih di kloset tersebut. Bukan hanya bisa memakai tombol, flush juga bisa dilakukan dengan menggunakan tuas pada kloset duduk. Saya termasuk yang sehari-harinya menggunakan kloset tipe duduk. Berikut cara menggunakan toilet duduk yang perlu Anda perhatikan agar tidak salah langkah:

– Pastikan kloset sudah cukup bersih

Anda disarankan untuk membersihkan kloset duduk terlebih dahulu sebelum digunakan. Caranya bisa dengan memakai tisu yang tersedia di kamar mandi tersebut atau memakai cairan disinfektan. Lalu apa gunanya? Agar tidak ada bakteri dan kuman pada kloset duduk tersebut.

– Bukalah tutup kloset dan keringkan

Ada kalanya dudukan kloset dalam keadaan basah dan Anda harus mengeringkan dan membersihkan dudukan tersebut terlebih dahulu. Kalau sudah bersih dan kering, Anda baru bisa menduduki kloset. Saat duduk, Anda bisa leluasa memposisikan diri agar senyaman mungkin. Supaya lebih aman dari bakteri dan kuman, Anda bisa gunakan tisu untuk melapisi dudukan toilet.

Karena tisu akan digunakan pada saat menggunakan kloset duduk, maka Anda harus pastikan terlebih dahulu tersedia tisu di dalam WC. Pada dasarnya, tisu itu sendiri biasa digunakan untuk membersihkan diri sehingga harus dipastikan terlebih dahulu setelah masuk WC.

– Mulai buang air, dan bersihkan diri setelahnya

Kalau posisi duduk Anda sudah nyaman, maka Anda bisa buang air. Saat buang air, lebih baik tidak secara mengejan. Karena ini adalah kloset duduk, sudah seharusnya Anda tidak jongkok ketika berada di atasnya.

Jika Anda memaksa untuk jongkok, maka bisa saja membuat kloset tersebut rusak atau roboh. Kalau sudah selesai buang air, maka Anda bisa segera membersihkan diri, bisa dengan bidet maupun tisu. Saat menggunakan tisu, lakukan pembersihan secara hati-hati dan pastikan dibersihkan secara sempurna.

Jika tidak tersedia bidet shower di kloset duduk, Anda bisa gunakan juga keran shower jika memang tersedia. Saat menggunakan bidet, pastikan untuk aktifkan secara perlahan karena ada kalanya semprotan air bisa cukup kencang.

Jika tekanan air bisa diatur, Anda bisa atur tuas atau kerannya terlebih dahulu baru digunakan. Perlu diperhatikan bahwa tiap kloset duduk bisa punya mekanisme atau fitur berbeda meski penggunaannya mirip.

– Siram sampai bersih dan buang tisu ke tempat sampah

Cari tombol untuk flush dan tekan tombol tersebut sampai benar-benar bersih. Selain menyiram, Anda perlu membuang juga tisu yang sudah digunakan ke tempat sampah. Biasanya di tempat publik, sudah tersedia tempat sampah untuk menampung tisu bekas pakai atau sampah-sampah lainnya.

– Akhiri dengan cuci tangan secara menyeluruh

Kalau sudah selesai, cuci tangan Anda untuk menghindari bakteri. Jangan malas untuk memakai sabun dan bersihkan sampai sela-sela jari Anda. Setelah dibilas, Anda bisa keringkan tangan dengan memakai tisu atau mesin pengering.

Tips Tambahan Menggunakan Toilet Duduk

Kalau Anda sudah paham betul cara penggunaan toilet duduk ini, maka selanjutnya Anda perlu pahami juga tips-tips berikut:

– Jangan sentuh-sentuh bagian toilet

Bukan hanya untuk menghindari bakteri hinggap di kita saja tapi juga untuk menghindari bakteri dari luar ke kloset duduk juga. Kloset merupakan salah satu tempat kuman berkembang biak sehingga kita perlu menghindari jalur kuman sebisa mungkin.

– Pastikan kloset ditutup saat penyiraman

Masih banyak orang yang tidak menutup kloset saat menyiram. Lebih baik penutup digunakan saat penyiraman agar mencegah bakteri menyebar ke sekitar. Upaya ini bisa juga mencegah aroma tidak sedap tersebar ke mana-mana. Perhatikan untuk secara perlahan menutup kloset duduk agar tidak terbentuk kencang.

– Rutin bersihkan kamar mandi/WC

Tips lain yang tidak kalah penting yaitu rutin membersihkan kamar mandi. Agar penggunaan kloset duduk tetap nyaman dan sehat, kamar mandi harus dibersihkan secara menyeluruh dan ini harus dilakukan berkala. Saat membersihkan kamar mandi, pastikan untuk memakai cairan pembersih dan bersihkan toilet duduk hingga sela-selanya.

Lebih dari itu, Anda perlu juga mengajarkan orang lain seputar penggunaan kloset duduk yang benar. Meski kloset duduk sudah ada dari cukup lama, tapi masih ada beberapa orang yang masih asing dengan model kloset seperti ini. Untuk Anda yang punya anak, perlu juga diajar seputar pemakaian kloset duduk yang tepat.

Mengapa Perlu Toilet Duduk?

Kloset duduk merupakan inovasi yang bisa mempermudah banyak orang saat buang air. Salah satu keunggulan utama dari model kloset seperti ini yaitu lebih nyaman. Kita bisa buang air dengan posisi duduk yang alami. Kita tidak perlu harus jongkok atau posisi lainnya untuk sekadar buang air.

Aspek lainnya yang diunggulkan pada kloset duduk yaitu dianggap lebih bersih dibandingkan model kloset jongkok. Kloset duduk juga lebih mudah digunakan untuk mereka yang terbatas secara fisik. Meski banyak keunggulannya, tapi harus dipastikan cara penggunaannya tepat agar aman, dan nyaman.

Sekian saja artikel kali ini seputar toilet duduk dan semoga bisa bermanfaat untuk Anda semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

All Category
WhatsApp Us